Membuat Lapaoran Realisasi Anggaran Jilid II

Intro

Tulisan ini kami maksudkan sebagai penjabaran lebih lanjut dari tulisan kecil kami Membuat-laporan Realisasi Anggaran Versi excel 2007 pada Webblog ini.

Sejatinya penulis menyadari terdapat banyak sekali kekurangan atau paling tidak sisi-sisi gelap yang belum tersentuh pada tulisan kami tersebut.

1. Konsep LRA 2010 yang Interaktif.

Bahwa membuat LRA tentunya sudah banyak dilakukan rekan-rekan, namun kami — dengan penuh kerendahan hati menawarkan konsep LRA yang akuntabel (maaf kalau salah istilah) dan Interaktif.

Akuntabel karena menggunakan data yang valid yakni melakukan Link (pada tulisan terdahulu kami mengistilahkan “Mengimport”) dengan Data Base SAKPA 2010 yang telah dilakukan rekonsiliasi dengan KPPN. Kita memanfaatkan Tabel yang secara otomatis terbentuk ketika kita melakukan backup data pada APLIKASI SAKPA 2010.

Catatan :

setiap melakukan Backup data maka pada tabel-tabel yang terdapat pada folder C:\SAKPA10\bck secara otomatis ter-update.

Interaktif karena pilihan periode bulan dapat dilakukan dengan mengubah nilai pada sel tertentu (cell A1). Kami juga mencoba merancang Sheet “Laporan” yang bisa fleksibel untuk berbagai Satker.

Mengingat bahwa Program Microsoft Excel adalah program yang paling familiar dengan umumnya pengguna komputer di Indonesia serta cukup andal dan simpel.

Bertolak dari uraian diatas kami mencoba menyusun rumus-rumus dan fungsi dengan mengeksplorasi fungsi-fungsi Excel dengan harapan sbb:

a. Menghasilakan Laporan Yang Flexibel Namun Akurat;

b. Tanggal Laporan pada Awal Bulan;

c. Tampilan yang User Frendly;

Adapun Detail Rumus-rumus dan fungsi kami uraikan disini.

Sedangkan Penjelasan step by step disini.

Laporan Realisasi Anggaran ini kami rencanakan sedemikian rupa sekaligus juga dapat menampilkan Laporan Bulan – bulan yang telah lewat dan tanpa mengutak atik isian kolom, sehingga  menjadi ARSIP VIRTUAL bagi kita.

Kedepan kami juga akan mempublikasikan Versi LRA triwulan, Semesteran dan Tahunan. Namun tentunya kami sunnguh berharap rekan-rekan menjadi terinspirasi dan mengutak atik rumus-rumus yang terdapat pada LRA bulanan ini agar menjadi laporan-laporan tersebut.

2. Alternatif Modifikasi LRA Versi Excel.

Bertolak dari pengalaman mengutak atik model LRA sebagai kami telah uraikan diatas saat ini kami juga mengembangkan versi LRA yang mengacu kepada satu tabel data saja (t_gl1000.Dbf) yang juga terdapat pada folder yang sama.

Sebagaimana kita ketahui Tabel t_gl1000.Dbf adalah Tabel yang berisi Buku Besar  SAKPA2010 sehingga LRA Versi 2 ini lebih sedikit membutuhkan Link data dan Referensi namun lebih rumit dalam perumusannya. Kelebihan LRA Versi 2 ini ialah dapat dimodofikasi menjadi LRA Korwil yang merupakan gabungan data realisasi Anggaran dalam Tingkat Wilayah. Dalam Tabel ini pula terdapat transaksi penerimaan sehingga laporan penerimaan dapat juga dibuat dengan satu tabel sumber.

Catatan :

Sebenarnya dengan sistem ini memungkinkan Korwil dapat membuat LRA satker(bayangan)  apabila satker di wilayahnya yang bersangkutan terlambat mengirimkan  — namun cara ini sangat tidak disarankan.

Sistem penyusunan LRA Versi 2 ini juga akan kami publikasikan pada waktu yang akan datang.

Terima kasih dan Selamat mencoba.

2 Balasan ke Membuat Lapaoran Realisasi Anggaran Jilid II

  1. Ahmad Zaki mengatakan:

    babe!!! knp ada link yg nga’ jalan???? mohon pencerahan!!! please sy pnsrX neeh!!!

    • Daeng Ngila mengatakan:

      Ooooooooooo ….. itu krn babe belon kelar bikin halamanX … bgtuw nanda synGkuuuuu, TggUMi …. Update Web Daeng Ila segera dirilissssss….

      thank before

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: