Serba Serbi Aplikasi SAKPA

1. Intro

Halaman baru ini sengaja kami buat sebagai respon atas komentar-komentar rekan yang cukup banyak mengenai Aplikasi SAKPA.

Penulis bersengaja menjembatani share dari rekan rekan dan mengadaptasikannya dengan pengalaman dan pendalaman penulis tentang Aplikasi SAKPA maupun Aplikasi Lain yang berbasis Visual FoxPro. Lebih khusus lagi penulis menitik beratkan pada pemahaman kita terhadap alur kerja aplikasi dan problematiknya.

Bahwa berdasar penilikan penulis ternyata Aplikasi-aplikasi tersebut ternyata masih terdapat banyak bug yang terkadang dibutuhkan penanganan tertentu untuk mengatasinya.

Sumbang saran rekan-rekan kiranya menjadikan penulis akan mengembangkan halaman ini lebih jauh.

2. Aplikasi SAKPA

Sampai saat ini beberapa versi aplikasi ini telah dirilis namun secara garis besar tidak banyak beranjak dari versi terdahulunya, beberapa catatan kecil yang penulis simpulkan antara lain :

a. Database Foxpro yang tanpa proteksi; mudah dibuka dengan tolls pihak ketiga, dihapus atau ditimpa …

b. File Pengiriman, Back UP yang memanfaatkan fungsi WINRAR yang juga tanpa proteksi — mudah diekstrak tanpa password!

c. Tabel user sangat mudah untuk diintip;

d. Struktur Tabel Relevan dengan Aplikasi SPM kecuali tabel buku besar SAKPA (t_glaXXXX) yang tidak terdapat pada Aplikasi SPM.

e. Terdapat Folder-folder dengan nama yang mudah ditebak spt : Ref — untuk referensi; bck — untuk Backup; Krm — untuk kirim; Trm — terima .. dsb. Sehingga sangat terbuka peluang untuk mengindentifikasi cara kerja program ini.

f. tidak ada komponen program yang hidden atau diacak …

2.a Kasus 1 Ngintip Password User

Suatu hari si Fulan bertandang ke tempat teman, kebetulan komputer lagi ON iseng2 Fulan pengin ngintip password SAKPA teman tersebut.

langkah 1 : Si fulan mencopy C:\SAKPA10\trn\t_setup ke lokasi baru misalnya ke C:\SAKPA10\bck\t_setup.dbf  (default nama tabel semula tanpa extensi “.dbf”  — ditambahkan) — moga2 yang punya komputer ngak curiga klu explore ke sana.

langkah 2 : Buka Microsoft Excel dan periksa apakah telah terinstal VFP Driver for microsoft office query — (silahkan baca : artikel ini) dengan cara klick Tab Data, Get external data, From Microsoft Query, New data source sehingga pada layar :

perhatikan apakah setelah memilih jenis query diatas proses ini berlanjut sehingga pada query wizart tampilannya sbb:

artinya pada komputer ini telah terdapat driver VFP yang memungkinkan Excel dapat mengimport data dari tabel Visual Fox Pro (kalau ternyata tidak — sifulan ngeluarin jurus 2, via flask disk sifulan menginstal driver tsb … sukur2 klu komputernya ngak di protek, he heeee heeee … klu ngak sifulan harus salin tu file t_setup ke flas disk dan mencobanya di komputer sendiri)

Dengan asumsi bahwa semuanya beres tinggal ikuti langkah mengimport data sebagimana rangkaian gambar berikut :

Contoh pilihan folder tempat data tabel Vfp bersemayamlalu memilih kolom yang mau di importkayaknya sampai di sini si Fulan sukses acara mengintipnya, namun penulis sangat tidak mengharapkan tutorial ini di praktekkan karena ini hanya sekedar tahu aja kalau password SAKPA bisa diintip via excel.

2.b Kasus 2 Mengimport Data Transaksi

Kali ini Si Fulan mau share jurus mengimport data transaksi SAKPA2010 ke format excel.

Persyaratan Komputer : sama dengan persyaratan komputer pada artikel ini.

Selanjutnya perlu diketahui bahwa hanya Tabel Visual FoxPro dengan ekstensi”.dbf” yang dapat di import ke excel, untuk data transaksi SAKPA 2010 terdapat pada untuk

- Transaksi pengeluaran C:\Sakpa10\bck\t_pl1000.dbf (jika kita telah melakukan backup data via program SAKPA2010) atau pada C:\Sakpa10\tem\mspmmak.dbf

- Transaksi penerimaan C:\Sakpa10\bck\t_pen1000.dbf untuk penerimaan SSBP dan C:\Sakpa10\Bck\t_pfk1000.dbf untuk Penerimaan PFK Gaji atau C:\Sakpa10\tem\mspmmap.dbf untuk semua potongan penerimaan pada SPM

langkah – langkah yang harus dilakukan relevan dengan langkah kerja pada tulisan kecil kami dalam artikel ini.

…. lain kali ta’ lanjutin yah … dah malam!

10 Balasan ke Serba Serbi Aplikasi SAKPA

  1. Lian mengatakan:

    Mf sebelum’a sy bkn mongomentari ato nulis artikel tp mo nyak moga2 ja da solusi dari anda.
    Sy bermaslah dg aplikasi sakpa dan persediaan ; semester 1 2011 neraca persediaan 9 jt,di sakpa 9 jt & Simak BMN jg 9 jt.
    smt 2 2011 neraca persediaan 1 jt, di Simak BMN jg 1 jt krn udh di krm dr persediaan ke sakpa.permasalahannya ketika di kirim dr simak ke sakpa persediaan di neraca sakpa kok jd 10 jt? sehingga terjadi selisih antara persdiaan di simak dan sakpa.mohon solusi’a trims.

    • Daeng Ngila mengatakan:

      Yth sdr Lian… saat ini sy belum bisa mendalami permasalahan saudara (maklum sy jg lg beres2 data). Tp yg saudara belum jelaskan apakah nilai 9 jt tsb (posisi awal semester II ? — apakah sdh dilakukan penerimaan saldo awal persediaan semester II) jika ditambah nilai persediaan semester II (1 jt) logikanya memang menjadi 10 Jt kan. Yang anda maksud Nilai Persediaan setelah dikurangi nilai persediaan keluar seharusnya menjadi brp?

  2. agus mengatakan:

    Aplikasi ini apa mungkin mengalami error? Apa sebab2 error? Bagaimana solusi apabila tjd error

    • Daeng Ngila mengatakan:

      Untuk Aplikasi Sakpa 2012 seringkali error pada OS Windows 7 starter, penyebabnya pada dukungan library, biasanya kode error yang tampil bisa menjadi petunjuk awal. lakukan download terhadap library tersebut (sy biasa cari – cari di Dll.com). berikutnya save di C:\>Windows\System32.

  3. beta mengatakan:

    Mas, mohon sharing nya bgmn meng-online-kan aplikasi2 berbasis VFP. Mulai dari yg terkecil: apakah .dbf bisa diproses/dibaca oleh php? Sampe yg terbesar: framework apa yang bisa digunakan untuk online-nisasi VFP? Apakah ActiveVFP itu bisa langsung meng-convert source VFP biasa ke under web, atau tetep harus dimodif? Tks banyak, salam dari DJPK.

  4. monosphere6 mengatakan:

    bagaimana cara merubah background aplikasi sakpa dengan gambas sesuka kita?

  5. opiek mengatakan:

    mas mohon sharing, gimana caranya mengedit revisi dipa di sakpa, dan hubungannya dengan POK, Thank’s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: